Friday, August 21, 2015

Cara Menyemai Benih Blueberry, Gampang gampang susah

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgGz4tx_kDKmWsOfI07yjFwbgh-npGAJtqvgVrBzkYqT3UeTLH35mt4XQXF6Yup0jnb3991iROb9UMuuCxnYCISloTr_8I3h01egDtfltIvXlPjjxCUL0daugwvmY7PI9pf3lkyneIPELg/h240/blueberry.jpg
Jika sahabat baru saja mendapatkan benih blueberry, segeralah tanam biji tersebut. Meskipun biji blueberry dapat disimpan sampai 4 tahun namun keberhasilan mengecambahkan biji tersebut akan lebih mudah jika dilakukan pada waktu-waktu awal.

Untuk menanam bluberry dari biji, hal utama yang mungkin perlu diperhatikan adalah bahwa kebanyakan benih dari berbagai spesies Vaccinium bersifat photoblastic yang artinya memerlukan beberapa jam pencahayaan setiap harinya untuk dapat berkecambah. Untuk ini biji yang disemai tidak perlu mandapatkan perlakuan gelap, melainkan dapat diletakkan di tempat yang mendapat cukup sinar matahari.

Walaupun tidak konklusif karena banyak spesies blueberry yang biji segarnya dapat langsung berkecambah jika segera ditaburkan, namun perlakuan pretreatments dingin kering 3° - 5° C (benih biji dibekukan) selama sekitar 90 hari didalam freezer dapat meningkatkan potensi perkecambahan.
Selain perlakuan dingin, pemberian perlakuan asam Giberelat (GA3) 200 - 1000 ppm (atau pupuk pertumbuhan lainnya) melalui perendaman bibit selama 24 jam juga dapat meningkatkan perkecambahan biji. 

Media Penyemaian

Benih blueberry adalah benih yang menyukai media tanam yang bersifat asam, dari beberapa percobaan yang dilakukan, benih blueberry akan mudah tumbuh pada media tanam dengan pH sekitar 5.5 (bisa diakali dengan menambahkan 1/4 sendok teh cuka ke dalam tanah/media penyemaian.
 

Langkah-Langkah Menyemai Blueberry

Berikut langkah-langkah untuk menyemaikan blueberry:
  • Bekukan biji blueberry dalam lemari pendingin selama 90 hari dengan suhu 3 - 5 °C. Perlakuan ini diperlukan untuk memecah masa periode dorminasi biji.
  • Siapkan wadah / kontainer penyemaian dengan media tanam dengan pH 5.5 yang sudah dibasahi dengan air.
  • Tabur biji blueberry secara merata ke permukaan media tanam. Tutupi biji dengan lapisan tipis media tanam.
  • Lembabkan lapisan bagian atas media tanam dengan menggunakan sprayer berisi air.
  • Letakkan benih di tampat yang mendapatkan cukup sinar matahari tidak langsung. Jaga kelembaban media tanam dengan selalu memberi air secukupnya.
  • Dalam waktu sekitar 6 - 12 minggu, normalnya bibit akan mulai berkecambah.
  • Ketika bibit mencapai ketinggian 5 sampai 7.5 Cm maka bibit siap ditransplantasikan ke dalam pot penyemaian. Gunakan campuran pupuk kandang yang telah difermentasi dan pasir dengan perbandingan 1 : 1 sebagai media tanam. Lepaskan bibit blueberry dan tanaman dalam pot dengan hati-hati untuk menjaga keutuhan sistem perakarannya yang halus.
  • Siram pot dengan air secukupnya dan tempatkan pot di lokasi yang cukup mendapatkan sinar matahari.
  • Blueberry adalah tanaman yang peka terhadap pupuk kimia. Untuk amannya, gunakan pupuk organik cair untuk menambahkan nutrisi setelah benih beradaptasi selama 2 sampai 3 minggu di dalam pot.
  • Blueberry memiliki sistem perakaran yang dangkal, bibit blueberry dapat dipindahkan ke lahan pada saat ketinggiannya sudah mencapai 20 - 30 Cm atau kealam pot yang lebih lebar untuk dijadikan tabulampot
  • Jika blueberry di tanam langsung pada lahan, berilah lapisan mulsa dari bahan organik setebali 10 - 15 Cm di permukaan tanah sekitar batang tanaman

Kesimpulan :
1. Butuh media semai yang lembab (moist), dan jangan terlalu basah.
2. Taruh di tempat terang (tapi tidak terkena sinar matahari langsung) ==> (ambang jendela)
3. Sekitar 6 minggu sampai 3 bulan adalah waktu yang dibutuhkan untuk pengecambahan.
4. Jangan memberi pupuk ketika proses germination. Berikan pupuk jika tanaman sudah tumbuh dan tinggi.
5. Siapkan semprotan anti jamur (aplikasi setiap 10hari), supaya tidak tumbuh jamur di media semai.
Menumbuhkan Blueberry dari biji bukan pekerjaan yang mudah dan cepat, tapi ketika berhasil, kepuasannya tiada bandingnya :) Beli benih blueberry murah dan tanaman unik lainnya disini.

3 comments: