Friday, August 21, 2015

Cara Menyemai Benih biji Agar Cepat Tumbuh

Langkah Cara menyemai benih agar cepat tumbuh kurang dari 24 jam.
Pertama-tama kita siapkan dulu benih-benihan yang akan kita tanam atau kita semai. Setiap tumbuhan umumnya mempunyai benih-benihan untuk memperbanyak diri. Buah-buahan bahkan sayuran pun punya benihnya sendiri. Ukuran benih pun bermacam-macam, ada yang besar bahkan ada yang sangat kecil seperti biji sayur bayam atau biji selada.

1.  Siapkan Benih dan Wadah / Tempat Penampung.  
Benih yang Aku pakai adalah benih sayuran kangkung. Kangkung memiliki benih yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Ukurannya seperti biji buah jeruk.
Benih Aku masukkan kedalam wadah plastik bekas pembungkus makanan yang sudah tidak terpakai. Lagi lagi konsep Re-Use ya.. Lumayan loh daripada jadi sampah begitu aja. Wadah plastik sudah di lubangi bagian atasnya menggunakan cutter dengan ukuran yang tidak besar. Ini berguna untuk meniriskan Air.
farming.sunupermana.com - bibit sayuran kangkung

2.  Cuci dan Pilih Benih yang Terbaik.
Setelah si benih sudah dimasukkan ke wadah, tuangkan air kedalamnya sampai membuat si benih tenggelam. Terus lihat, adakah benih yang mengambang / mengapung? kalau ada, ambil dan sisihkan. Karena benih yang terbaik adalah benih yang tidak mengapung. Begitu kata Bapak-ku. hehe
Sudah disisihkan yang mengapung? sekarang gosok-gosok atau di aduk-aduk (kayak lagi nyuci beras) biar kotoran si kangkung tadi rontok dan benihpun jadi bersih. Jika air sudah mulai kotor, saatnya wadah kita balik dan kita tiriskan / saring (karena bagian atas wadah tadi bolong untuk ngeluarin si airnya). Kalau kamu mencuci benih yang berukuran kecil seperti sawi atau selada atau bayam, ada baiknya ditiriskan menggunakan saringan teh ya, soalnya si benih ukurannya kecil banget.
farming.sunupermana.com - bibit sayuran kangkung dicuci dan di tiriskan
Isi Air, Cuci hingga kotoran hilang, ditiriskan (bukan di jemur)
Ganti dengan air baru dan cuci lagi hingga bersih. Sampai tidak ada kotoran lagi yang melekat. Benih kangkung harus beberapa kali dicuci karena ada kotoran yang menempel.

3.  Rendam benih yang sudah bersih.
Jika sudah benar-benar bersih, masukkan air bersih hingga benih tenggelam. Nah air yang dimasukkan bisa juga pakai air yang hangat-hangat kuku atau anget dikit (jangan air mendidih, nanti benihnya mateng ga jadi tumbuh deh).
farming.sunupermana.com - Benih sayuran kangkung dicuci hingga bersih kemudian direndam air
Benih dicuci hingga bersih kemudian direndam air bersih


Simpan benih kangkung yang sudah terendam tadi beserta wadah penampungnya ke tempat yang tidak terkena matahari langsung. Proses penyimpanan ini berfungsi agar benih lebih cepat tumbuh atau berakar.
Oiya, proses perendaman benih di air bersih atau air hangat bertujuan melunakkan cangkang atau kulit luar dari benih tersebut, agar akar yang ada di dalam benih dapat lebih mudah menembus keluar dari cangkang . Alhasil, tumbuhan akan lebih cepat berakar bahkan dalam waktu kurang dari 24 jam.
Kita tunggu keesokan harinya, dan lihat apa yang terjadi.


HASIL:
Setelah 6 Jam berlalu, benih mulai terlihat perkembangannya:
farming.sunupermana.com - Benih sayuran kangkung sudah mulai tumbuh
Kulit Benih mulai pecah-pecah dan beberapa sudah mulai tumbuh


Benih yang direndam 6 jam sudah menunjukkan perkembangannya. Kulit benih sudah mulai terlihat pecah-pecah, pertanda kulit mulai empuk dan mudah untuk ditembus oleh akar tanaman. Beberapa benih malah terlihat sudah muncul bakal daun. Sungguh perkembangan yang pesat. Setelah proses ini, kita tiriskan air yang kita pakai untuk merendam. Biarkan benih yang sudah mulai pecah-pecah itu tanpa air.


Setelah Waktunya tepat Benih mulai muncul kecambah-kecambah yang siap untuk ditanam ke media tanam.
farming.sunupermana.com - benih sayuran kangkung berkecambah 

sumber: http://farming.sunupermana.com

1 comment: